Apa itu Adverb Literally? Pengertian dan Contohnya

englishschoolacademy.com (Apa itu Adverb Literally) – Saat ini ada berbagai macam kosakata yang digunakan, ada pula bahasa gaul yang digunakan oleh para remaja ketika berbicara dengan teman, sahabat ataupun pacar. Bahasa gaul yang digunakan biasanya juga mengambil dari kosakata Bahasa Inggris.

Apa itu Adverb Literally

Nah, salah satu kosakata yang sering digunakan adalah ‘literally’ yang merupakan adverb dalam Bahasa Inggris. Kata ini sering sekali digunakan oleh para remaja saat ini yang kemudian dianggap menjadi bahasa gaul. Tapi, sebelum menggunakan kosakata tesebut, apa sih makna sebenernya dari ‘literally’?

Adverb adalah bagian dari bahasa Inggris yang memberikan informasi tambahan tentang kata kerja, adjektif, adverb lain, atau seluruh kalimat. Salah satu adverb yang cukup umum digunakan dalam bahasa Inggris adalah “literally.” Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian dan memberikan beberapa contoh penggunaan adverbliterally.”

Apa itu Adverb Literally?

Makna dari kata literally dalam Bahasa Indonesia adalah “benar-benar”. Kata ini termasuk ke dalam jenis adverb yang berarti bahwa kata tersebut memiliki fungsi untuk menerangkan kata kerja atau verba dalam Bahasa Inggris. Ada banyak sekali kosakata yang termasuk dalam adverb selain kata literally, yaitu really, completely dan lain sebagainya yang biasanya posisi kata ini berada sebelum verb atau kata kerja. Akan tetapi, tidak jarang bahwa penggunaan literally juga digunakan sebelum kata benda atau noun. Hal tersebut tidak jarang ditemukan karena bergantung pada konteks dalam sebuah kalimat.

Literally” merupakan adverb yang digunakan untuk menekankan bahwa sesuatu terjadi secara harfiah atau sesuai dengan makna yang sebenarnya dari suatu kata atau frasa. Adverb ini sering digunakan untuk mengklarifikasi bahwa apa yang diungkapkan dalam kalimat benar-benar terjadi tanpa perlu dipahami secara metaforis atau kiasan. Penggunaan “literally” membantu mendefinisikan batas antara makna sebenarnya dan makna terjemahan atau kiasan dalam sebuah kalimat.

Fungsi Penggunaan Adverb Literally

Menjelaskan Arti yang Sebenarnya

Penggunaan yang paling umum digunakan untuk memahami penggunaan kata ‘literally’ adalah untuk menjelaskan makna yang sesungguhnya. Hal tersebut biasa disebut dengan makna harfiah yang biasanya kata ini digunakan untuk menguraikan makna yang sebenarnya dari suatu kata. Jika dalam Bahasa Indonesia, terdapat istilah makna kiasan (konotatif) dan makna asli (denotatif). Nah, adverb literally digunakan untuk menjelaskan makna asli atau denotatif dan juga dapat digunakan untuk menjelaskan suatu keadaan.

Contoh kalimat:

  • He literally jumped for joy when he received the job offer. (Dia benar-benar melompat kegirangan saat menerima tawaran pekerjaan.)
  • The car was so fast that it literally flew down the highway. (Mobil itu begitu cepat sehingga benar-benar terbang di jalan tol.)
  • The fireworks were so loud that they literally shook the ground. (Kembang api itu begitu keras sehingga benar-benar mengguncang tanah.)
  • I was so exhausted that I literally collapsed on the bed as soon as I got home. (Saya begitu lelah sehingga benar-benar roboh di tempat tidur begitu saya sampai di rumah.)
  • The storm was so intense that it literally tore the trees from the ground. (Badai itu begitu hebat sehingga benar-benar mencabut pohon-pohon dari tanah.)

Menekankan Kebenaran Fakta

Selain untuk menjelaskan makna harfiah, kata literally juga bisa digunakan untuk menekankan kebenaran sebuah fakta. Secara umum, fakta yang diungkapkan memang mengejutkan. Jadi, biasanya kosakata literally digunakan untuk menekankan sebuah fakta yang memang benar-benar sesuai dengan kenyataan dan mengejutkan.

Contoh kalimat:

  • The technology behind this smartphone is literally ahead of its time. (Teknologi di balik smartphone ini benar-benar lebih maju dari zamannya.)
  • The building is literally a marvel of modern architecture. (Gedung ini benar-benar merupakan keajaiban arsitektur modern.)
  • Her talent in mathematics is literally off the charts; she solves complex problems effortlessly. (Bakatnya dalam matematika benar-benar di luar norma; dia menyelesaikan masalah-masalah rumit dengan mudah.)
  • The new computer processor is literally a game-changer in terms of speed and efficiency. (Prosesor komputer baru ini benar-benar mengubah segalanya dalam hal kecepatan dan efisiensi.)
  • The wildlife in this national park is literally a biologist’s dream come true. (Hewan liar di taman nasional ini benar-benar merupakan impian yang menjadi kenyataan bagi seorang ahli biologi.)

Menekankan Suatu Hal yang Tidak Mungkin Terjadi

Fungsi terakhir dari adverb literally adalah menekankan suatu hal yang tidak mungkin terjadi atau biasa disebut dengan bahasa slang. Secara umum, bahasa slang tidak terdapat di kamus Bahasa Inggris, sehingga sudah tentu penggunaannya digunakan pada situasi informal.

Penggunaan “literally” dalam konteks seperti ini mengubah artinya dari yang sebenarnya menjadi sebuah ekspresi yang berlebihan atau bahasa slang untuk memberikan kesan yang dramatis atau kocak.

Contoh kalimat:

  • The line for the new iPhone was so long that it literally wrapped around the entire block. (Antrian untuk iPhone baru begitu panjang sehingga benar-benar mengelilingi seluruh blok.)

Penjelasan: Dalam kasus ini, “literally” digunakan untuk mengekspresikan besarnya antrian dan bahwa orang-orang harus berjalan mengelilingi blok, meskipun tidak benar-benar membentuk lingkaran sejati.

  • I’m so hungry that I could literally eat a horse. (Saya begitu lapar sehingga saya benar-benar bisa makan seekor kuda.)

Penjelasan: Dalam konteks ini, “literally” digunakan secara berlebihan untuk menggambarkan tingkat kelaparan yang ekstrem, tetapi sebenarnya tidak ada niat nyata untuk makan kuda.

  • The party was so wild that it literally brought the house down. (Pesta itu begitu liar sehingga benar-benar merusak rumah.)

Penjelasan: Di sini, “literally” digunakan dalam arti slang untuk menggambarkan kegembiraan yang luar biasa di pesta, bukan bahwa rumah benar-benar runtuh.

  • Her laughter is so contagious; it literally infects everyone in the room. (Tertawanya begitu menular; itu benar-benar menulari semua orang di ruangan ini.)

Penjelasan: Dalam konteks ini, “literally” digunakan untuk menyatakan betapa menularnya tawa seseorang secara berlebihan, mirip dengan infeksi, meskipun sebenarnya tidak ada penyakit yang menular.

  • I was so surprised that my jaw literally hit the floor. (Saya begitu terkejut sehingga rahang saya benar-benar menyentuh lantai.)

Penjelasan: Dalam kalimat ini, “literally” digunakan untuk menggambarkan kejutan yang sangat besar, meskipun secara harfiah rahang tidak benar-benar menyentuh lantai.

Itulah penjelasan mengenai adverb literally yang bisa kamu pelajari untuk menambah kosakata ketika melakukan percakapan dengan seseorang. Semakin banyak pengetahuan yang kamu ketahui, maka akan semakin bervariasi kosakata yang kamu gunakan. Memahami lebih banyak materi Bahasa Inggris, terutama yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari seperti ini akan membantu kamu untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris.

Terlebih, agar pemakaian kosakata Bahasa Inggrismu tidak salah ya peeps! Karena penggunaan adverb literally ini sering digunakan para remaja sebagai bahasa gaul. Jadi, kalau udah paham arti dan maknanya jangan sampai salah lagi penggunaannya ya peeps!

Untuk mempelajari lebih banyak materi Bahasa Inggris, kamu bisa mengikuti kelas Bahasa Inggris secara online dengan harga yang sangat terjangkau di Kampung Inggris Online. Yuk asah skill-mu mulai dari sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *