Definisi Parallel Structure: Pola Kalimat dalam Bahasa Inggris

englishschoolacademy.com (Definisi Parallel Structure) – Mempelajari kalimat dalam bahasa Inggris tentunya ada banyak sekali yang perlu diketahui. Entah dari tenses hingga jenis kalimat yang digunakan harus sesuai dengan kondisi pada saat itu.

Definisi Parallel Structure

Selain itu, ada beberapa kemungkinan menggabungkan dua atau lebih aksi dalam satu kalimat namun kalimat harus tetap efektif. Nah, dalam kasus ini, kamu bisa menggunakan parallel structure yang merupakan struktur gramatikal yang memiliki fungsi sebagai suatu penyetaraan elemen dalam satu kalimat yang mana bisa disatukan menjadi sebuah kalimat efektif.

Lalu, apa definisi parallel structure? Berikut ini penjelasan secara lebih lengkap.

Definisi Parallel Structure

Definisi parallel structure adalah kesesuaian atau kesejajaran struktur dalam suatu kalimat yang membuat kalimat menjadi efektif meskipun memiliki beberapa aksi di dalamnya. Dalam artian, elemen yang terdapat dalam suatu kalimat menggunakan pola gramatikal yang sama.

Elemen yang dimaksud ini merupakan noun (kata benda), phrase (frasa) atau clause (klausa). Ketika menggunakan parallel structure ini, maka dapat menunjukkan bahwa sebuah elemen-elemen dalam suatu kalimat tersebut setara antara satu dengan yang lainnya.

Secara singkat, definisi parallel structure ini yaitu sebuah kalimat yang memiliki part of speech atau part of sentence yang lebih banyak dari kalimat pada umumnya. Misalnya, dalam sebuah kalimat biasa, verb phrase-nya hanya terdapat satu saja, tetapi dalam sebuah kalimat parallel structure verb phrase-nya akan lebih dari itu.

Fungsi Menggunakan Struktur Paralel dalam Kalimat Bahasa Inggris

1. Membuat Kalimat Menjadi Lebih Singkat

Fungsi pertama dari penggunaan parallel structure ini adalah menjadikan kalimat lebih singkat. Misalnya, ketika kamu ingin menjelaskan sesuatu yang membutuhkan tiga kalimat atau lebih, dengan adanya struktur paralel ini kamu bisa menjadikan satu kalimat secara utuh.

Tetapi, perlu diingat bahwa penggunaan structure parallel ini hanya berlaku untuk part of speech dengan jenis yang sama. Jika part of speech-nya berbeda, maka tidak dapat disatukan menjadi satu kalimat.

2. Membuat Kalimat Menjadi Lebih Padat

Keberadaan parallel structure dalam sebuah kalimat akan membuat suatu kalimat tersebut tampak lebih padat. Semakin padat sebuah kalimat, maka akan semakin mudah pula orang dalam memahaminya. Serta ketika kamu sudah bisa membuat kata kompleks yang mudah dipahami, berarti kamu sudah berada pada level bahasa Inggris yang lebih tinggi.

3. Menginformasikan Lebih dari Satu

Fungsi lain dari penggunaan parallel structure ini adalah menginformasikan lebih dari satu hal dalam satu kalimat. Dalam bahasa apapun, efektivitas dalam berkomunikasi sangatlah penting agar pendengar mampu memahami informasi yang disampaikan. Dengan begitu, ketika kamu belajar bahasa Inggris, maka kamu juga perlu untuk menerangkan suatu kejadian dengan singkat dan jelas. Hal ini dapat diatasi dengan penggunaan parallel structure untuk mencapai keefektivas tersebut.

4. Menunjukkan Bahasa yang Luwes

Penggunaan parallel structure ini dapat menunjukkan keluwesan dalam berbahasa, Faktanya, keluwesan menggunakan bahasa Inggris bukan hanya diukur dari seberapa mampu seseorang memahami sebuah grammar atau seberapa banyak kosakata yang dihafalkan.

Keluwesan dalam menggunakan bahasa Inggris ini juga dapat dinilai dari seberapa mampu kamu membuat sebuah kalimat dengan susunan yang lebih kompleks. Akan tetapi, pada saat yang bersamaan, kalimat tersebut juga akan lebih mudah dimengerti oleh orang lain.

5. Meningkatkan Readibility

Readibility dalam bahasa Inggris juga sangat penting terutama ketika menulis sebuah karya tulis. Readibility ini merupakan tingkat keterbacaan dari suatu kalimat yang mana dalam bahasa Inggris menggunakan standar Flesch-Kincaid Reading Ease. Terkadang, semakin rendah skor Flesch-Kincaid Reading Ease, maka akan semakin rendah pula tulisanmu dibaca.

Aturan dalam Penggunaan Parallel Structure

Ketika kamu ingin menggunakan parallel structure, maka ada beberapa aturan yang harus diperhatikan. Berikut ini aturan dalam penggunaan parallel structure:

  • Parallel structure ini diterapkan pada sebuah elemen yang dihubungkan oleh coordinate conjunction yang ada di dalam suatu rangkaian kalimat. Jika elemen yang ada di dalam kalimat diawali oleh article atau preposition, maka article ataupun preposition tersebut cukup digunakan pada setiap elemen atau hanya pada elemen yang pertama saja.
  • Parallel structure diterapkan ke dalam suatu elemen-elemen yang dihubungkan dengan correlatuve conjunction.
  • Aturan ketiga dari parallel structure ini yaitu diterapkan pada elemen-elemen yang dibandingkan atau comparison.

Rumus dan Penghubung dari Definisi Parallel Structure

  1. Conjunctions
    Dalam sebuah parallel structure ini, dapat menggunakan kata sambug untuk membuat struktur parallel, seperti or dan and.
  1. Correlative Conjunctions
    Pada jenis ini, kalimat parallel structural menggunakan correlative conjunctions dengan menggunakan “not only … but also”. Rumus yang digunakan berikut ini:

Subject + verb + not only + noun/adjective/adverb/prep phrase + but also + noun/adjective/adverb/prep phrase

atau

Subject + not only + verb + but also + verb

Contoh Kalimat Parallel Structure

  1. “She likes to read novels, watch movies, and listen to music in her free time.” (Dia suka membaca novel, menonton film, dan mendengarkan musik di waktu luangnya.)
  2. “To succeed in this project, you need dedication, perseverance, and creativity.” (Untuk berhasil dalam proyek ini, Anda memerlukan dedikasi, ketekunan, dan kreativitas.)
  3. “He is not only a great athlete but also a talented musician.” (Dia bukan hanya atlet yang hebat tetapi juga musisi berbakat.)
  4. “The company aims to increase efficiency, reduce costs, and improve customer satisfaction.” (Perusahaan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.)
  5. “In her speech, she addressed education reform, healthcare improvement, and economic development.” (Dalam pidatonya, dia membahas reformasi pendidikan, peningkatan pelayanan kesehatan, dan pengembangan ekonomi.)
  6. “We must prioritize safety, sustainability, and innovation in our business practices.” (Kita harus mengutamakan keselamatan, keberlanjutan, dan inovasi dalam praktik bisnis kita.)
  7. “His hobbies include photography, painting, and cooking.” (Hobi-hobinya termasuk fotografi, lukisan, dan memasak.)
  8. “The conference will focus on leadership development, team building, and strategic planning.” (Konferensi ini akan berfokus pada pengembangan kepemimpinan, membangun tim, dan perencanaan strategis.)
  9. She excels in academics, sports, and extracurricular activities.” (Dia unggul dalam akademik, olahraga, dan kegiatan ekstrakurikuler.)
  10. “The project requires coordination, collaboration, and effective communication among team members.” (Proyek ini memerlukan koordinasi, kolaborasi, dan komunikasi yang efektif di antara anggota tim.)

Itulah penjelasan mengenai definisi parallel structure dalam bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk membuat sebuah kalimat kompleks menjadi lebih singkat dan mudah untuk dipahami. Memahami elemen dalam kalimat ini sangat penting karena berguna untuk membuat kalimat menjadi lebih efektif. Kalimat yang efektif akan membuat pendengar atau pembaca lebih mudah memahami informasi yang disampaikan.

Nah, untuk kalian yang ingin memahami dan menguasai lebih banyak mengenai materi bahasa Inggris. Kalian bisa mengikuti kursus di Titik Nol English Course. Di sana memiliki berbagai program mulai dari dasar hingga mahir, persiapan TOEFL/IELTS dan juga scoring TOEFL/IELTS. Kalian bisa langsung daftar atau mendapatkan informasi secara lebih lengkap melalui contact di bawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *