Relative Pronoun: Pengertian Lengkap dan Contohnya

englishschoolacademy.com (Relative Pronoun) – Dalam sebuah kata atau bahasa tentu sudah tidak asing dengan istilah kata ganti. Kata ganti dalam bahasa Inggris disebut dengan pronoun. Pronoun sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti object pronoun, subject pronoun, reflexive pronoun, relative pronoun dan juga yang lainnya. Dari beberapa jenis pronoun tersebut, kali ini kita akan membahas mengenai relative pronoun dalam bahasa Inggris.

Relative Pronoun

Apa itu relative pronoun? Dan bagaimana fungsi dan cara penggunaannya dalam sebuah kalimat? Singkatnya, fungsi dari relative pronoun untuk menghubungkan dua kalimat yang menerangkan kata benda (noun). Kata benda yang dimaksud dapat berupa manusia, benda ataupun hewan. Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Relative Pronoun

Relative pronoun merupakan salah satu jenis kata ganti dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk memperkenalkan klausa relatif dalam sebuah kalimat. Yang dimaksud dengan klausa relatif yaitu klausa yang memberikan informasi tambahan mengenai kata benda yang ada dalam klausa utama. Selain itu, kata ganti ini juga termasuk ke dalam part of speech yakni kata yang sering digunakan dalam bahasa Inggris.

Kata ganti relatif terdiri dari lima kata ganti yaitu who, whom, whose, that dan which. Dalam hal ini, penggunaan who dan whom yakni digunakan untuk menyebutkan seseorang, sedangkan whose digunakan untuk menunjukkan kepemilikan dari seseorang. Kemudian penggunaan that yakni merujuk pada benda dan which digunakan untuk merujuk pada benda ataupun orang.

Akan tetapi, ada pula yang dimaksud dengan indefinite relative pronoun dengan suffix -ever, seperti whoever, whichever, dan whomever. Keistimewaan dari relative pronoun sendiri yakni kata ganti ini dapat berupa sebagai subjeck, direct, object ataupun possessive. Namun, kata ganti ini hanya digunakan untuk makhluk hidup atau benda mati dan tidak dapat digunakan untuk mewakili angka (tunggal atau jamak) maupun gender.

Cara Penggunaan Relative Pronoun dalam Kalimat

Kata ganti relative dapat menjadi sangat rumit ketika digunakan, terutama pada bentuk kata ganti yang menyangkut dengan who dan whom. Ketika memutuskan mengenai kata ganti mana yang akan digunakan, maka kamu harus mempertimbangkan terlebih dahulu, apakah kata ganti tersebut dalam kalimat menduduki subject atau object yang ada dalam klausa relatif.

Misalnya, ketika kamu harus menggunakan kata ganti who saat mengacu pada subjek kalusa relatif. Contoh: “The person who arrived late was very apologetic.”

Sedangkan, jika kamu menggunakan kalimat yang mengacu oada objek klausa relatif, maka sebaiknya menggunakan kata whom. Contoh: “The person whom I met was very friendly.

Perlu kamu ketahui bahwa bentuk kata ganti ini jarang digunakan pada situasi non-formal atau dalam percakapan sehari-haru. Ini akan sering kamu temuka dalam percakapan atau situasi yang formal.

Perbedaan Jenis Relative Pronoun dan Contohnya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa relative pronoun memiliki beberapa jenis yaitu who, whom, whose, which dan that. Lalu apa perbedaan antara ke-lima jenis tersebut? Berikut ini penjelasan dan contoh kalimatnya.

1. Who

Jenis relative pronoun yang pertama yaitu who. Who sendiri digunakan untuk menggantikan subjek orang dalam sebuah klausa. Yang mana, jika diartikan, jenis kata ganti relatif ini memiliki arti “yang.”

Contoh kalimat:

  • She is the person who helps everyone in need. (Dia adalah orang yang membantu setiap orang yang membutuhkan.)
  • She is the one who won the competition. (Dia adalah orang yang memenangkan kompetisi itu.)
  • She is the person who helped me when I was in trouble. (Dia adalah orang yang membantu saya ketika saya dalam kesulitan.)
  • The woman who lives next door is a doctor. (Perempuan yang tinggal di sebelah rumah adalah seorang dokter.)

2. Whom

Whom merupakan jenis kata ganti berikutnya yang digunakan untuk merujuk pada orang dan merupakan sebuah objek dalam klausa.

Contoh kalimat:

  • The doctor, whom I consulted, provided valuable advice. (Dokter, yang saya konsultasikan, memberikan nasihat yang berharga.)
  • The person whom I admire is my teacher. (Orang yang saya kagumi adalah guru saya.)
  • The doctor, whom I visited yesterday, was very knowledgeable. (Dokter yang saya kunjungi kemarin sangat berpengetahuan.)
  • The person whom I met at the party is a famous actor. (Orang yang saya temui di pesta adalah seorang aktor terkenal.)

3. Whose

Jenis kata ganti relatif yang berikutnya adalah whose. Whose ini digunakan untuk menunjukkan kepemilikan yang dapat merujuk pada orang maupun benda.

Contoh kalimat:

  • The woman, whose car broke down, called for roadside assistance. (Wanita, yang mobilnya mogok, memanggil bantuan di pinggir jalan.)
  • The company whose CEO resigned is facing financial difficulties. (Perusahaan yang CEO-nya mengundurkan diri sedang menghadapi kesulitan keuangan.)
  • The man whose car was parked in front of the house is my neighbor. (Pria yang mobilnya diparkir di depan rumah adalah tetangga saya.)
  • The man whose car broke down asked for help. (Pria yang mobilnya mogok meminta pertolongan.)

4. Which

Jenis relative pronoun yang berikutnya adalah which. Which digunakan untuk menunjukkan sebuah benda dan menduduki subjek atau objek dari sebuah klausa.

Contoh kalimat:

  • The dress, which she bought last week, is now on sale. (Gaun, yang dia beli minggu lalu, sekarang sedang dijual.)
  • The laptop which I bought last month is very efficient. (Laptop yang saya beli bulan lalu sangat efisien.)
  • The restaurant, which serves delicious Italian food, is always crowded. (Restoran yang menyajikan makanan Italia lezat selalu ramai.)
  • The cake which I baked yesterday turned out delicious. (Kue yang saya panggang kemarin ternyata enak.)

5. That

Jenis yang terakhir dari relative pronoun adalah that. That digunakan untuk merujuk pada orang, benda, ataupun ide yang mampu menduduk subjek serta objek dalam sebuah klausa. Jenis kata ganti ini merupakan satu-satunya jenis yang kurang formal daripada who, whom dan juga whose.

Contoh kalimat:

  • The cat that lives next door often visits our garden. (Kucing yang tinggal di sebelah sering mengunjungi halaman kami.)
  • This is the house that I was telling you about. (Ini adalah rumah yang sedang saya ceritakan padamu.)
  • The cat that chased the mouse is now resting in the garden. (Kucing yang mengejar tikus sekarang sedang beristirahat di taman.)
  • The dog that barks loudly belongs to my neighbor. (Anjing yang menggonggong keras adalah milik tetangga saya.)

Itulah penngertian relative pronoun dalam bahasa Inggris yang merupakan bentuk kata ganti dalam sebuah kalimat yang merujuk pada orang ataupun benda mati. Sudah paham kan peeps mengenai jenis kata ganti yang satu ini? Memang, untuk mempelajari bahasa Inggris ada banyak sekali hal yang harus dipelajari.

Nah, untuk mempelajari lebih banyak mengenai materi bahasa Inggris, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di Titik Nol English Course secara offline maupun online. Kamu bisa mendaftar sekarang juga melalui link di bawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *