Punctuation Bahasa Inggris: Penjelasan dan Penggunaannya

englishschoolacademy.com (Punctuation Bahasa Inggris) – Pernah nggak sih peeps kalian mengalami kesalahpahaman membaca sebuah kalimat atau teks? Biasanya, kesalahpahaman ini berasal dari sebuah kalimat atau teks yang tidak efektif. Kalimat yang tidak efektif ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yaitu penempatan tanda baca.

Punctuation Bahasa Inggris

Penempatan tanda baca yang kurang tepat akan menyebabkan sebuah kalimat tidak efektif dan menimbulkan kesalahpahaman pembaca. Oleh karena itu, penting untuk memahami tanda baca atau punctuation jika dalam bahasa Inggris. Berikut ini penjelasan dan penggunaan punctuation bahasa Inggris.

Penjelasan Punctuation (Tanda Baca) dalam Bahasa Inggris

Punctuation atau tanda baca dalam bahasa Inggris merupakan sebuah tanda yang digunakan dalam sistem ejaan. Tanda baca merupakan sebuah simbol yang tidak ada hubunggan dengan fonem (suara), serta kata atau frasa dalam sebuah bahasa. Fungsi utama dari penggunaan punctuation bahasa Inggris adalah untuk membantu proses komunikasi yang efektif.

Punctuation dalam sebuah kalimat atau teks berfungsi untuk menunjukkan struktur dan organisasi tulisan, serta dapat menentukan intonasi dan juga jeda sewaktu pembacaan. Dengan begitu, punctuation sangat penting dalam sebuah kalimat yang mana disesuaikan dengan keadaan, suasana dan juga konteks pembahasan suatu kalimat. Pasalnya, jika penggunaannya kurang tepat maka akan merubah makna sebuah kalimat dan dapat menimbulkan kesalahpahaman pembaca.

Daftar Punctuation Bahasa Inggris yang Sering Digunakan

Punctuation

Nama Tanda Baca (English)

Nama Tanda Baca (Indonesia)

.

Period, full stop

Titik

,

Comma

Koma

@

Commercial At

Pada penilaian

&

Ampersand

Simbol untuk ‘dan’

Underscore

Garis bawah

:

Colon

Titik dua

;

Semi-colon

Titik koma

( )

Round brackets

Tanda kurung

Hyphen

Tanda hubung

Dash

Tanda pisah

?

Question mark

Tanda tanya

!

Exclamation mark

Tanda seru

/

Slash, forward slash or oblique, solidus

Garis miring

Ellipsis mark

Tanda ellipsis

“ “

Double quotation mark

Tanda petik dua

‘ ‘

Single quotation mark

Tanda petik satu

Apostrophe

Penyingkat atau apostrof

_

Underline

Garis bawah

Penggunaan dan Fungsi Punctuation Bahasa Inggris

1. Tanda Period/Full Stop (.)

Secara umum, punctuation period ini digunakan untuk penanda sebuah akhir kalimat. Namun, ada beberapa fungsi lain yang menggunakan tanda baca titik dalam sebuah kalimat yaitu:

  • Sebagai penanda dalam kalimat.
  • Pemisah angka pada penanda waktu (hour, minute, second). Contoh: We will leave at 00 pm.
  • Menunjukkan jangka waktu atau untuk melihat seberapa lama suatu proses terjadi. Contoh: 02.15.30 (2 hour, 15 minute, 30 seconds).
  • Digunakan untuk menulis bagan, ikhtisar atau daftar. Tanda titik ini ditempatkan pada bagian belakang satu huruf, angka, atau bahkan dalam penomoran romawi.
  • Penulisan mata uang Indonesia.
  • Memperjelas jumlah/bilangan ribuan, jutaan dan juga kelipatannya. Namun, tanda titik tidak berfungsi untuk angka yang tidak menyatakan jumlah. Contoh paling umum adalah pada penulisan tahun, angkatan dan lain sebagianya.
  • Berfungsi sebagai penjumlah pada penulisan referensi.
  • Digunakan pada akhir singkatan nama orang, gelar, sapaan, jabatan dan juga pangkat.
  • Digunakan dalam penulisan singkatan kata atau ungkapan.

2. Tanda Comma (,)

Punctuation comma ini berfungsi dalam sebuah kalimat sebagai berikut:

  • Memisahkan item yang tertulis ke dalam sebuah kalimat.
  • Digunakan ketika memisahkan dua pendapat atau gagasan, bisa juga berfungsi sebagai perbandingan sebuah kalimat.
  • Memberikan keterangan dari suatu noun atau adjective.
  • Digunakan dalam question tag atau kalimat tanya.
  • Digunakan ketika menjawab pertanyaan ye/no question.
  • Digunakan ketika memisahkan partikel.

3. Tanda Question Mark (?)

Question mark atau tanda tanya secara umum digunakan dalam kalimat tanya yang mana berfungsi ketika menanyakan sesuatu. Fungsi utama dari tanda tanya ini tentu untuk memberitahu si pembaca bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat tanya sehingga diletakkan tanda tanya di akhir kalimat.

Selain itu, question mark juga digunakan dalam tanda kurung yang masih kurang dapat diuktikan keasliannya atau masih perlu untuk dilakukan pengecekan ulang. Contoh: The total income that we get today is around 450 million(?).

4. Tanda Exclamation Mark (!)

Tanda seru atau exclamation mark berfungsi untuk menunjukkan suatu perintah kepada orang lain yang biasa disebut dengan imperative sentence dalam bahasa Inggris. Selain itu, punctuation bahasa Inggris ini juga digunakan dalam injeksi atau kata seruan, berguna untuk memberikan rasa heran, serta dapat dicantumkan pada akhir frasa singkat.

5. Punctuation Bahasa Inggris Dash (–)

Punctuation bahasa Inggris ini berbeda dengan strip yang biasa digunakan dalam bahasa Indonesia. Tanda baca ini digunakan untuk penekanan dalam sebuah kalimat.

6. Tanda Baca Hyphen (-)

Punctuation hyphen akan mudah ditemukan dalam materi noun, terlebih untuk noun phrase. Beberapa fungsinya yaitu: digunakan untuk menulis ejaan dari hyphenated compound noun, digunakan untuk memisahkan puluhan dan satuan dalam bilangan, serta untuk memisahkan pembilang dan penyebut dalam bilangan pecahan.

7. Punctuation Bahasa Inggris Colon (:)

Tanda baca titik dua atau colon ini digunakan ketika menuliskan sebuah contoh dalam kalimat atau paragraf. Selain itu, tanda titik du aini juga memiliki beberapa fungsi yaitu: digunakan untuk menjelaskan daftar item, digunakan untuk menyebutkan sesuatu, serta untuk memisahkan unit waktu.

8. Tanda Semicolon (;)

Tanda semicolon ini digunkan untuk menulis dua kalimat tanpa ada tanda hubung, dan juga digunakan untuk memisahkan daftar item yang didalamnya terdapat tanda comma.

9. Tanda Round Bracket ( ) – Tanda Kurung

Punctuation bahasa Inggris yang berikutnya adalah tanda kurung atau round bracket yang digunakan untuk memberikan informasi tambahan dari suatu noun, mengapit huruf, dan juga menyebutkan singkatan/abreviasi.

10. Tanda Baca Ellipsis Mark (…)

Tanda baca ini digunakan untuk menunjukkan kalimat yang dibaca dengan terputus-putus. Selain itu, punctuation bahasa Inggris ini juga digunakan untuk memberikan isyarat bahwa terdapat bagian naskah yang sengaja dihilangkan untuk sebuah tujuan tertentu.

11. Tanda Baca Double Quotation Mark (“)

Tanda baca petik dua dalam sebuah kalimat digunakan untuk menuliskan direct speech atau kalimat langsung, menandakan frasa dengan artian khusus dan juga mengapit sebuah judul.

12. Tanda Baca Single Quotation Mark (‘)

Tanda baca petik satu ini berbeda dengan tanda baca petik dua dalam penggunaannya. Tanda baca petik satu digunakan untuk mengapit sebuah petika ke dalam petikan lain.

13. Punctuation Bahasa Inggris Apostrophe (‘)

Hampir sama dengan tanda petik satu dalam logonya, namun tanda baca apostrophe ini digunakan untuk menunjukkan kepemilikan dan juga digunakan dalam contraction atau penyingkat suatu kata.

14. Punctuation Underline (_)

Tanda baca underline ini sering dianggap sama dengan underscore, padahal keduanya memiliki kegunaan yang berbeda. Jika underscore biasanya digunakan sebagai simbol dalam bahasa pemrograman di bidang IT. Sedangkan, underline digunakan untuk menandai bagian frasa dari suatu kalimat yang dianggap cukup penting.

Itulah pengertian dan macam-macam punctuation bahasa Inggris serta penggunaannya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Untuk lebih banyak menguasai bahasa Inggris dengan cepat, kalian bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di Titik Nol English Course dengan menghubungi contact di bawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *