Beasiswa S3 Luar Negeri

englishschoolacademy.com (Pilihan Program Beasiswa S3 Luar Negeri Paling Worthy) – kesempatan kuliah S3 keluar negeri melalui beasiswa sangat memungkinkan. Ada banyak program beasiswa S3 yang ditawarkan oleh pemerintah dan lembaga-lembaga lainnya di berbagai negara di seluruh dunia. Beasiswa tersebut dapat mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, bahkan hingga fully funded.

Beasiswa S3 Luar Negeri

Namun, persaingan untuk mendapatkan beasiswa S3 keluar negeri sangatlah tinggi, dan biasanya diberikan kepada kandidat terbaik yang memiliki prestasi akademik dan pengalaman yang relevan. Oleh karena itu, penting bagi calon pelamar untuk mengetahui banyak pilihan beasiswa agar bisa menempatkan diri untuk daftar di program yang mana.

Pilihan Program Beasiswa S3 Luar Negeri Paling Worthy

Beasiswa LPDP BIB (Beasiswa Indonesia Bangkit)

  • Pendaftaran: Oktober – September

Beasiswa PhD Luar Negeri merupakan beasiswa fully funded yang merupakan program beasiswa bersama Kementerian Agama dan LPDP yang diberikan kepada lulusan program magister yang memenuhi syarat untuk melanjutkan studi S3 di perguruan tinggi di luar negeri.

Sasaran: Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan/Ma’had Aly/Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Umum, Guru Madrasah/PAI di Sekolah, Pegawai Kementerian Agama.

Stipendium Hungaricum di Hungaria

  • Pendaftaran: November – Januari

Stipendium Hungaricum merupakan program beasiswa pemerintah Hungaria yang ditujukan untuk mendukung mahasiswa asing yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi Hungaria. Program ini mencakup studi S1, S2, S3, serta program doktor dan program non-degree seperti kursus bahasa dan kursus persiapan.

Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, akomodasi, asuransi kesehatan, serta tunjangan bulanan. Selain itu, penerima beasiswa juga akan mendapatkan akses ke fasilitas akademik seperti perpustakaan, laboratorium, dan fasilitas olahraga.

DAAD EPOS di Jerman

  • Pendaftaran: Juni – Juli

Untuk mahasiswa S2 dan S3, salah satu beasiswa yang menarik untuk dipertimbangkan merupakan program beasiswa Development-Related Postgraduate Courses (EPOS) yang disponsori oleh German Academic Exchange Service (DAAD). DAAD EPOS (Development-Related Postgraduate Courses) merupakan program beasiswa yang diberikan oleh DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst)

DAAD menyiapkan beasiswa program master dan doktor, baik penuh maupun parsial yang bisa diambil di salah satu universitas di Jerman. Beasiswa DAAD tersebut dibuka dengan durasi 36 bulan untuk program PhD.

Government of Ireland - International Education Scholarship (GOI-IES) di Irlandia

  • Pendaftaran: Desember – Maret

Government of Ireland – International Education Scholarship (GOI-IES) merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Irlandia, melalui The Higher Education Authority (HEA) Irlandia, dan terbuka untuk program studi S2 dan S3. Program ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan internasional dan mempromosikan Irlandia sebagai destinasi pendidikan global.

Ada puluhan universitas yang bisa dilamar melalui program beasiswa GOI-IES. Untuk tahun akademik 2023 – 2024, Pemerintah Irlandia menyediakan 60 kursi beasiswa. Peluang yang cukup besar, meski harus bersaing dengan peserta negara lain. Kandidat yang terpilih akan memperoleh beasiswa sebesar €10.000 (±Rp 162 juta) yang diberikan untuk satu tahun studi.

Malaysian International Scholarship di Malaysia

  • Pendaftaran: April – Mei

Malaysian International Scholarship (MIS) merupakan program beasiswa pemerintah Malaysia yang ditujukan untuk mendukung mahasiswa internasional yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Malaysia. Program ini bertujuan untuk mempromosikan pendidikan tinggi Malaysia dan meningkatkan hubungan internasional. Beasiswa ini sejalan dengan aspirasi Malaysia untuk muncul sebagai salah satu pusat keunggulan akademik global dengan menarik, memotivasi, dan mempertahankan sumber daya manusia berbakat dari luar negeri.

Chulalongkorn International Graduate Scholarship di Thailand

  • Pendaftaran: Februari – Maret

Chulalongkorn International Graduate Scholarship (CIGS) merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Chulalongkorn di Thailand untuk mendukung mahasiswa internasional yang ingin menempuh studi S3 di universitas tersebut. Program ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan internasional dan mempromosikan Chulalongkorn sebagai universitas terkemuka di Asia.

Benefit

  1. Tuition fees
  2. Monthly Allowance
  3. Accommodation
  4. Transportation
  5. Special/Education Fee

Chinese Government Scholarship di Tiongkok

  • Pendaftaran: Januari – April

Chinese Government Scholarship menawarkan dua jenis beasiswa. Dua jenis beasiswa tersebut merupakan beasiswa fully funded dan parsial, bergantung pada cara pendaftaran. Ada dua cara pendaftaran yaitu mendaftarkan diri langsung melalui universitas tujuan atau Kedutaan Besar China di Indonesia.

Cakupan beasiswa CGS

Fasilitas beasiswa ini meliputi:

  1.   Biaya kuliah
  2.   Biaya akomodasi (tempat tinggal)
  3.   Asuransi kesehatan
  4.   Biaya buku
  5.   Uang saku / bulan untuk program S-1 = 2500 RMB (± 5 juta rupiah per bulan) , untuk program S-2 = 3000 RMB (± 6 juta rupiah per bulan, untuk program S-3 = 3500 RMB (± 7 juta rupiah per bulan)

Ministry of Education Taiwan Scholarship di Taiwan

  • Pendaftaran: Februari – Maret

MoE Taiwan Scholarship merupakan program bantuan biaya pendidikan penuh untuk mahasiswa internasional berprestasi dari Menteri Pendidikan Taiwan. MoE Taiwan Scholarship  diberikan pada pendidikan S1 dengan maksimal 4 tahun, S2 dengan 5 tahun maksimal study dan 4 tahun untuk program S3 atau Doctoral Programs. 

Tujuan MoE Taiwan Scholarship ini merupakan untuk mendorong mahasiswa terbaik dari negara dunia untuk study dan merasakan budaya Taiwan. Proses pendaftarannya sendiri, kamu harus mendaftar sendiri ke Republic of China (ROC) di negara masing-masing dan mendaftar ke universitas Taiwan tujuan.

Monbukagakusho (MEXT) Scholarship di Jepang

  • Pendaftaran:
    – Research Student Enrollment Spring
    : 2 tahun (April – Maret)
    Research Student Enrolment Autumn: 1.5 tahun (September/Oktober – Maret)

Rekomendasi beasiswa S3 luar negri datang dari negara Jepang. Beasiswa MEXT atau Monbukagakuso merupakan program beasiswa dari Pemerintah Jepang. Beasiswa ini memberikan kesempatan untuk mengikuti riset dan membolehkan untuk melanjutkan ke program gelar (S2, S3) sewaktu menjalani research student. Atau kamu juga bisa langsung mendaftar ke program gelar tanpa mengikuti masa research student, apabila telah mendapatkan izin dari profesor pembimbing di universitas bersangkutan atau telah lulus ujian masuk di universitas di Jepang.

Global Korea Scholarship (GKS) di Korea Selatan

  • Pendaftaran: Deadline Maret

 GKS, atau yang disingkat Global Korea Scholarship yang dulunya akrab dengan sebutan KGSP (Korea Global Scholarship Program), merupakan Program beasiswa fully funded yang dikelola oleh NIIED (National Institute for International Education), lembaga eksekutif di bawah kementerian pendidikan Korea Selatan.
Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Korea Selatan kepada mahasiswa Internasional yang ingin kuliah di korea untuk jenjang D2 (Associate Degree), S1, S2, dan S3.
Tujuan dari beasiswa ini tercantum di buku panduan pendaftaran sebagaimana disebut untuk memperkuat daya saing Korea Selatan di kancah dunia.

Australia Awards Scholarship di Australia

  • Pendaftaran: Februari – Mei

Australia Awards Scholarship (AAS) memberikan kesempatan untuk warga negara Indonesia untuk memperoleh gelar master atau doktor dari universitas di Australia dan membukakan peluang untuk meniti karir yang membawa perubahan. Pelamar akan dipilih berdasarkan kemampuan akademik, kualitas kepemimpinan, kecakapan berbahasa Inggris dan potensi untuk berperan dalam pembangunan di Indonesia.

Adapun jurusan yang disediakan untuk mendaftar beasiswa AAS:

  1. Ilmu Kesehatan dan Kedokteran: Kesehatan Masyarakat
  2. Humaniora dan Ilmu Sosial: Ilmu Hukum dan Hukum
  3. Keuangan dan Ekonomi: Ekonomi
  4. Bisnis: Administrasi Bisnis, Manajemen Bisnis, Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Organisasi, Rantai Pasokan dan Manajemen Logistik, Manajemen Industri, Informasi
  5. Studi Lingkungan: Perubahan Iklim, Pengelolaan Sumber Daya Alam
  6. Ilmu Politik: Pemerintahan, Hubungan Internasional, Administrasi Publik, Ilmu Politik.

Earmarked Scholarship – Australia

  • Pendaftaran: Januari

Beasiswa yang didanai oleh Pemerintah Australia untuk membantu mahasiswa PhD dengan biaya hidup dan biaya kuliah mereka. Beasiswa ini diberikan untuk proyek-proyek penelitian yang selaras dengan hibah penelitian Kategori 1 yang baru-baru ini diberikan dan menawarkan kesempatan kepada mahasiswa PhD untuk berkontribusi pada proyek-proyek besar yang penting secara nasional dan bekerja dengan para peneliti terkemuka.

Swiss Excellence Scholarship – Swiss

  • Pendaftaran: Agustus – Desember

Beasiswa S3 luar negeri yang selanjutnya ada Swiss Government Excellence Scholarships untuk jenjang S3/NONDEGREE dengan tipe Partial di Swiss.

Cakupan beasiswa:

  • Beasiswa penelitian: 1’920.- Franc Swiss per bulan = 23’040.- CHF selama 1 tahun
  • Beasiswa PhD: 1’920.- Franc Swiss per bulan = 23’040.- CHF selama 1 tahun
  • Beasiswa pascadoktoral: 3’500.- Franc Swiss per bulan = 42’000.- CHF selama 1 tahun
  • Asuransi kesehatan
  • Tunjangan penerbangan kembali
  • Tunjangan perumahan satu kali CHF 300

University of Melbourne Graduate Research Scholarship – Australia

  • Pendaftaran: sepanjang tahun

University of Melbourne membuka pendaftaran beasiswa untuk mahasiswa lokal (Australia) dan internasional untuk jenjang S2 dan S3. Beasiswa ini terbuka untuk seluruh program studi di kampus ini, serta diberikan kepada sekitar 600 mahasiswa. Tidak ada syarat khusus untuk mendaftar beasiswa Graduate Research Scholarships. Kandidat hanya perlu melamar dan memenuhi persyaratan masuk di University of Melbourne.

Singapura International Graduate Award – Singapura

  • Pendaftaran: Januari – Juni

Singapore International Graduate Award (SINGA) merupakan kerjasama antara Agency for Science, Technology & Research (A*STAR), Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS), Singapore University of Technology and Design (SUTD) dan Singapore Management University (SMU).

Pelatihan PhD dilakukan dalam bahasa Inggris di laboratorium pilihan siswa di lembaga penelitian A*STAR dan NTU/NUS/SUTD/SMU. Setelah berhasil menyelesaikan, siswa diberikan gelar PhD baik oleh NTU, NUS, SUTD atau SMU.

Singapura merupakan pintu gerbang ke beberapa ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di kawasan Asia Pasifik. Dan dengan SINGA, Anda dapat melanjutkan pendidikan PhD di Singapura, menjalin hubungan global, dan membawa karier penelitian Anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Knight Hennessy Scholars Stanford University - Amerika Serikat

  • Pendaftaran: Agustus – Oktober

Knight-Hennessy Scholars memupuk dan mendukung komunitas mahasiswa pascasarjana multidisiplin dan multikultural dari seluruh Universitas Stanford, dan memberikan pengalaman menarik yang mempersiapkan lulusan untuk menjadi pemimpin visioner, berani, dan kolaboratif yang mengatasi tantangan kompleks yang dihadapi dunia.

KAUST Fellowship - Saudi Arabia

  • Pendaftaran: Desember – Januari

Beasiswa King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) sendiri merupakan salah satu universitas terbaik di Arab Saudi yang menempati peringkat ketiga nasional menurut Arab University Rankings 2021. Kampus campuran mahasiswa pria dan perempuan di Arab Saudi ini juga menawarkan program gelar untuk berbagai bidang seperti, teknik, ilmu alam, komputer, fisika, dan lain sebagainya.

Eiffel Excellence Scholarship – Perancis

  • Pendaftaran: Oktober – Januari

Program Beasiswa Eiffel merupakan media yang dikembangkan oleh Kementerian Luar Negeri Prancis untuk memungkinkan lembaga pendidikan tinggi Prancis menarik mahasiswa asing terbaik ke program magister dan doktor.

Program ini membantu untuk melatih para perintis masa depan, dari sektor swasta dan publik, dalam bidang studi prioritas, dan untuk menstimulasi calon mahasiswa dari negara-negara berkembang berusia maksimal 30 tahun untuk jenjang master  dan berusia hingga 35 tahun untuk jenjang doktor bagi calon mahasiswa dari negara-negara berkembang dan negara industri.

Mau belajar bahasa Inggris dengan Beasiswa Kampung Inggris

Klik tombol di bawah ini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *